Program startup yang tidak penting adalah salah satu penyebab proses booting menjadi lambat karena adanya program yang harus dijalankan saat komputer dalam kondisi baru menyalah yang sebenarnya program tersebut tidaklah terlalu penting untuk diaktifkan secara langsung. Jika Anda ingin mempercepat proses booting Anda harus menonaktifkan beberapa program yang tidak perlu langsung di jalankan saat startup Windows.

Cara Mematikan Program Startup Yang Tidak Penting
Background images by Google Images | Design by : Sentral Cara Blog's

Apa saja program yang tidak penting itu ?. Tunggu dulu, jangan langsung ke intinya. Anda juga harus mengetahui terlebih dahulu mengenai program penting yang seharusnya langsung aktif saat komputer/laptop menyala. Berikut ini beberapa program/software yang penting untuk di aktifkan secara langsung saat komputer/laptop menyala.

Contoh Program Yang Penting Saat Proses Startup Windows :

1. Antivirus

Antivirus adalah salah satu program yang sangat penting untuk komputer/laptop setiap orang, karena jika sewaktu-waktu ada virus yang menyerang dan kita tidak punya 'tameng' atau firewall untuk mencegah 'perkembang biakan' virus tersebut dalam sistem kita akan membuat komputer mengalami berbagai macam masalah seperti suka restart sendiri, lambat, tidak bisa membuka program, dan masih banyak lagi efek yang ditimbulkan oleh komputer yang terserang virus.

Oleh karena itu Antivirus ini adalah program yang seharusnya langsung aktif karena sangat diperlukan oleh komputer/laptop. Beberapa manfaat antivirus ini diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Mencegah serangan virus dan spyware yang sumber dapat melalui internet ataupun removable media seperti flashdisk dan memory card.
  2. Memantau segala aktifitas Anda saat berinternet, dan ada juga beberapa program antivirus yang memiliki fitur memberikan notifikasi 'warning' apabila sebuah situs yang ingin Anda kunjungi terinfeksi virus atau juga web phising.
  3. Memproteksi kerusakan file yang disebabkan oleh serangan virus.
  4. Dapat mencegah crash atau terjadinya hang pada komputer/laptop. Karena dalam beberapa kasus, ada beberapa virus yang akan membebani resource komputer/laptop Anda sehingga tidak sanggup melakukan aktifitas apapun.
2. Segala Jenis Program Yang Berhubungan Dengan Kinerja Sistem

Kedua jenis program diatas dikategorikan kedalam program penting yang seharusnya langsung running saat komputer/laptop menyala, karena dari segi keamanan juga memberikan efek positif pada komputer/laptop seperti merawat sistem agar tidak mudah error, dsb.

Sekarang kita masuk ke inti pembahasan yaitu mengenai cara mematikan program startup yang tidak penting, disini ada kata 'tidak penting'. Apa Anda sudah mengetahui apa saja program yang tidak sewajarnya langsung running saat komputer/laptop menyalah ?. Kalau belum maka ketahui dulu sebelum Anda memilih iya atau tidaknya program tersebut akan aktif saat startup, berikut ini contohnya.

Contoh Program Yang Tidak Penting Saat Startup Windows :

  • Semua jenis software yang berhubungan dengan pengolahan data. Misalnya adalah Microsoft Office (Word, Excel, PowerPoint, dsb).
  • Yahoo Messenger.
  • Semua jenis software yang berhubungan dengan 'kepuasan user', maksudnya adalah memberikan kita sebuah hiburan ketika menggunakan komputer/laptop. Contohnya seperti Winamp, Internet Download Manager, dsb.

Setelah Anda paham mengenai macam-macam software yang penting atau tidak saat proses startup berlangsung kita dapat melanjutkan ke inti pembahasan sebenarnya yaitu mengenai cara mudah menonaktifkan program/software yang tidak penting. Tanpa panjang lebar lagi langsung saja Anda lihat tahap-tahapannya berikut ini, sangat mudah dan simpel. Sebelum praktek ada yang mesti Anda ingat, yaitu memilah-milah program apa saja yang 'seharusnya non-aktif', jadi jika Anda kurang mengetahui apa saja program tersebut lebih baik Anda pilih saja software yang penting seperti list diatas.

Cara Mematikan Program Startup Yang Tidak Penting :

  1. Klik Start > Ketik: 'msconfig.exe' (tanpa tanda petik) > Enter.
  2. Pilih tab 'Startup' > Pilih program yang ingin di nonaktifkan dengan cara 'uncheck' > Apply > OK > Restart.

    Cara Mematikan Program Startup Yang Tidak Penting
     
  3. Selesai

Hanya dengan beberapa step saja Anda sudah bisa menonaktifkan program yang tidak penting untuk aktif saat startup. Jika masih bingung dengan tutorial melalui teks diatas, berikut ini kami juga sediakan video tutorialnya juga.

Video Tutorial Menonaktifkan Program Startup Yang Tidak Jelas :



Next
This is the most recent post.
Previous
Posting Lama

1 komentar:

 
Top